Minggu, 17 April 2022

CERPEN: Pengertian, Fungsi, Unsur dan Ciri-cirinya

 


Sumber gambar: https://ebooks.gramedia.com/id/buku/akhirnya-kumpulan-cerpen


Apa sih cerpen itu? Bp/Ibu suka membaca cerpen? Cerita pendek pastinya sudah familiar sejak kita duduk di bangku sekolah dasar dulu ya... Beragam cerita pernah kita baca baik di buku, majalah atau tabloid. Namun apakah Bp/Ibu tau apa sih perbedaan cerpen dengan cerita-cerita lainnya?. Bagi kamu yang ingin menulis cerpen, wajib menyimak pengertian tentang cerpen berikut ini.

Pengertian Cerita Pendek

Cerpen merupakan suatu karya sastra dalam bentuk tulisan yang mengisahkan tentang sebuah cerita fiksi lalu dikemas secara pendek, jelas dan ringkas. Cerpen biasanya hanya mengisahkan cerita pendek tentang permasalahan yang dialami satu tokoh saja.

 

Cerpen juga bisa disebut sebagai fiksi prosa karena cerita yang disuguhkan hanya berfokus pada satu konflik permasalahan yang dialami oleh tokoh mulai dari pengenalan karakter hingga penyelesaian permasalahan yang dialami oleh tokoh. Cerpen juga terdiri tidak lebih dari 10.000 kata saja. Cerpen memiliki struktur yang lengkap mulai dari perkenalan, permasalahan dan penyelesaian dari masalah tersebut..  Biasanya cerpen terdiri dari berbagai kisah seperti genre percintaan, kasih sayang, jenaka, dan lain-lain. Pada cerpen juga mengandung pesan dan amanat untuk para pembaca.

Meskipun cerpen hanya memiliki kisah cerita yang singkat, akan tetapi memiliki makna dan pengetahuan yang terkandung dalam sebuah cerpen. Biasanya cerpen memberikan nilai positif yang dapat diambil oleh pembacanya. Dengan begitu nilai positif tersebut dapat dimanfaatkan untuk kehidupan sehari-hari.

Berikut inilah beberapa elemen dasar untuk membangun sebuah cerpen:

1.      Abstrak

Abstrak merupakan pemaparan gambaran awal dari cerita yang dikisahkan. Pada cerpen abstrak biasanya digunakan sebagai pelengkap cerita. Maka dari itu abstrak bersifat opsional atau bisa jadi tidak ada pada cerpen tersebut.

2.      Orientasi

Pada orientasi cerpen biasanya menjelaskan tentang latar cerita seperti waktu, suasana, tempat/lokasi yang digunakan dalam penggambaran cerita cerpen.

3.      Komplikasi

Komplikasi menjelaskan tentang struktur yang berkaitan dengan pemaparan awal suatu masalah yang dihadapi oleh tokoh. Watak dari tokoh juga dijelaskan pada bagian ini. Selain itu pada komplikasi juga menjelaskan urutan kejadian yang berhubungan dengan sebab akibat.

4.      Evaluasi

Pada bagian evaluasi ini terjadi konflik masalah yang semakin memuncak. Konflik mulai menuju bagian klimaks dan mendapatkan penyelesaian atas masalah yang terjadi.

5.      Resolusi

Resolusi merupakan bagian akhir permasalahan yang terjadi pada cerpen. Pada bagian ini terdapat penjelasan dari pengarang mengenai solusi permasalahan yang dialami tokoh.

6.      Koda

Koda merupakan nilai atau pesan moral yang terdapat pada sebuah cerpen yang disampaikan oleh penulis kepada para pembaca. Pesan moral yang disampaikan sesuai dengan jenis cerpen.

.

Fungsi Cerpen

1. Fungsi Rekreatif

Fungsi rekreatif yaitu sebagai sarana penghibur bagi para pembaca

2. Fungsi Estetis

Fungsi estetis yaitu sebagai nilai estetika atau keindahan yang ada pada cerpen sehingga memberikan kepuasan kepada pembaca

3. Fungsi Didaktif

Fungsi didaktif yaitu sebagai pemberi pelajaran atau pendidikan yang akan bermanfaat bagi para pembaca.

4. Fungsi Moralitaas

Fungsi moralitas yaitu sebagai nilai moral berdasarkan isi cerita untuk mengetahui baik buruk yang disampaikan penulis kepada para pembaca.

5. Fungsi Religiusitas

Fungsi religiusitas yaitu sebagai pemberi pelajaran yang religius yang nantinya bisa dijadikan sebagai contoh baik oleh pembaca.


Ciri-Ciri Cerpen

Sebuah cerpen memiliki ciri-ciri tertentu yang khas dimana ciri-ciri ini nantinya akan digunakan sebagai pembeda dari karya sastra lainnya. Berikut inilah ciri-ciri dari cerpen:

1.         Pada umumnya cerpen bersifat fiktif atau berupa karangan dari penulis.

2.         Cerpen memiliki susunan kata yang tidak lebih dari 10.000 (sepuluh ribu) kata.

3.         Saat membaca cerpen biasanya selesai dengan sekali duduk.

4.         Cerpen memiliki bentuk cerita yang sangat singkat.

5.         Cerpen memiliki diksi atau pilihan kata yang tidak rumit sehingga mudah dipahami oleh pembaca.

6.         Cerpen hanya memiliki alur cerita tunggal atau satu jalan cerita saja.

7.         Kisah cerita pada cerpen biasanya berasal dari peristiwa dalam kehidupan sehari-hari.

8.         Karakter tokoh pada cerpen sangat sederhana.

9.         Di akhir bagian biasanya terdapat pesan moral yang sangat mendalam sehingga membuat pembaca ikut merasakan kisah pada cerpen tersebut.


Demikian materi hari pertama.

Selamat membaca.


Bukti kehadiran Bp/Ibu, silakan menuliskan "Hadir" pada kolom komentar dengan disertai Nama dan Instansi.


Bagi yang ingin bertanya, silakan tuliskan pertanyaan Bp/Ibu pada kolom komentar. Pertanyaan akan kami gunakan sebagai bahan diskusi nanti malam pukul 20.00 s.d 21.30 WIB.


Durasi pertemuan H.1 adalah 2 jp.

Terima kasih, 


Salam literasi.


Dwi Sutrisniwati

75 komentar:

  1. Sapti Anayogyani
    SMAN 6 Surakarta

    BalasHapus
  2. Ngatmini.S.Pd
    SDN Grajegan 2 Tawangsari,Skh

    BalasHapus
  3. Hadir. Wiwik Handayani. SMP Negeri 1 Tengaran.
    Tanya: apakah pesan moral harus ada dalam cerpen.
    Apakah cerpen bisa berakhir opon ended.
    Terimakasih

    BalasHapus
  4. Hadir,Tri Wening Pintarsih, SMP Masehi Temanggung

    BalasHapus
  5. Hadir
    Rita Haryaningrum
    SMAN 1 Bojong Kab. Pekalongan

    BalasHapus
  6. "Hadir" Andri Setiawan/SMA N 1 Tuntang

    BalasHapus
  7. izin bertanya: ketentuan cerpen tdk lbih dr 10.000 kt itu masih mnjdi pegangan/ aturan atau bisa disesuaikan dg ketentuan tertentu? Misal dlm lomba, ketentuan jmlh kt itu boleh diubah kurang dr atau lebih dr 10.000. Tkd

    BalasHapus
  8. Hadir

    Suyamti, S.Pd
    SMP NEGERI 3 COLOMADU

    BalasHapus
  9. Hadir, Hadi Widyawan, SD Sawojajar 03, Brebes

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nyambung... pertanyaan cerpen yang akan kita bukukan itu kumpulan cerpen sendiri...terus terang ini perdana saya menulis cerpen.. jadi perbendaharaannya belum ada..baru mau mulai.. kan ada target minimal berapa cerpen yang harus dikumpulkan.. durasi pengumpulannya berapa hari nggih?

      Hapus
  10. Hadir. Sumiyati. MTs Miftahul Huda Rawalo Banyumas

    BalasHapus
  11. Srini Wijayanti, SMAN 1 Karanggede, Boyolali

    BalasHapus
  12. Bagaimana dengan pentigraf apakah bisa digolongkan ke dalam cerpen juga?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pentigraf pada dasarnya adalah juga merupakan "cerita".

      Pd pentigraf ada aturan yang harus diikuti, a.l. jumlah kata tidak boleh lebih dati 210 kata (idealnya). Namun jika lebih-lebih dikit ya nggak pa2 njih...

      Ending yg digunakan adalah twist ending (akhir yang menjebak para pembaca). Akhir dari sebuah pentigraf itu mengejutkan pembaca, karena beda dari tebakan pembaca. Namun, bagi pemula hal tersebut masih sulit untuk mendapatkan ide twist endingnya.

      Semangat, selamat mencoba ya...

      Hapus
  13. Hadir, Dewi Mardiana, SMA Negeri 1 Bergas

    BalasHapus
  14. Hadir, Himawan, SMP Negeri 1 Ngablak. Izin bertanya, "Kalau tulisan yang dibuat berupa cerita tentang pengalaman pribadi berarti tidak masuk kategori ini? [Harus masuk di grup yang mana?]

    BalasHapus
    Balasan
    1. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
    2. Pertanyaan yang sama. Apakah pengalaman bisa kita buat sebuah cerpen..

      Hapus
    3. Pengalaman pribadi bisa saja dimasukkan ke cerita asalkan dikemas menjadi sebuah cerita.

      Menggunakan alur sebuah cerita, bukan alur laporan pengalaman.

      Silakan Bp membuat satu dulu kmd nti akan dikoreksi oleh tim agar bisa menjadi sebuah cerita pendek.

      Semangat. Salam literasi!

      Hapus
  15. Hadir
    Estiningrum
    SMP N 3 Kedu Temanggung

    BalasHapus
  16. Hadir, Kuntari dari SMA PGRI 1 PATI
    Mohon pencerahannya...

    BalasHapus
  17. Hadir. Dian_SMA Bruderan Purwokerto

    BalasHapus
  18. Hadir. Nur Hidayah. SMA Negeri 6 Surakarta

    BalasHapus
  19. Hardiyati dari MI Ma'arif NU 1 Banjaranyar kab.Banyumas...hadiroh
    Mtrnwn buu Dwi atas masukannya
    Semoga bisaa....

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aamiin...

      Sama-sama belajar njih Bunda...
      Terima kasih supportnya...

      Hapus
  20. Ida Faroha Shofiyati, S. Pd. I
    dari MI Ma'arif NU 01 Karangkemiri
    Kec. Pekuncen Kab. Banyumas

    BalasHapus
  21. Hadir
    Diah Ayu Febriawati, S. Pd
    SMK ST. FRANSISKUS SEMARANG

    BalasHapus
  22. Hadir.
    Nur Eviati, S.E
    MAN 1 Kota Pekalongan

    BalasHapus
  23. Indah Peni Kusumawanti18 April 2022 pukul 00.28

    Indah Peni Kusumawanti, S. Pd. Hadir

    BalasHapus
  24. Hadir Atik Sudarwanti,S.Pd. smpn3Gondangrejo

    BalasHapus
  25. Hadir.
    Surti Harjanti SMA Negeri 1 Tuntang

    BalasHapus
  26. Hadir ,Drs Edy Kartika
    SMA MUHAMMADIYAH 1 Temanggung



    BalasHapus
  27. Indah Peni Kusumawanti18 April 2022 pukul 00.52

    Mohon izin bertanya; apa perbedaan dan/ atau persamaan mendasar antara cerpen dengan pentigraf?
    Bila cerpen terdiri atas struktur mulai abstrak (opsional), orientasi s.d. resolusi dan koda; sedangkan pentigraf (cerpen tiga paragraf) nah bila pentigraf yg hanya terdiri atas 3 paragraf tsb. bagaimana pembagian tahap alur dalam pentigraf yg hanya terdiri atas 3 paragraf itu?
    Terima kasih.

    BalasHapus
  28. Hadir
    Sri Wartini, S.Pd.SD
    SDN Grogol 02 Kecamatan Grogol

    BalasHapus
  29. Hadir
    Sri Yuliati,S.Pd
    SMP Negeri 3 Kemangkon

    BalasHapus
  30. Hadir
    Putri Sunti Andedari
    SMA Negeri 1 Randublatung

    BalasHapus
  31. Hadir
    Nani Purwati Ningsih, S.Pd.SD
    SDN Kunden 01 Bulu Sukoharjo

    BalasHapus
  32. Nani Purwati Ningsih18 April 2022 pukul 01.31

    Ijin Bertanya Bu bagaimana cara menemukan ide untuk menulis cerpen. Terima Kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Siap Bunda Nani...
      Ide bisa kita peroleh dg banyak cara njih... a.l
      1. Sering-sering membaca buku cerita
      2. Melihat film, sinetron, pameran, galeri, dll.
      3. Dari hal-hal yang terjadi di sekitar kita
      4. Dari berita-berita aktual yang sedang terjadi
      5. Dari pengalaman-pengalaman kita

      Silakan Bunda mau ambil yang mana... semua bisa kita pakai Bund...

      Hapus
  33. Hadir...
    Indah Kartika
    SMA Negeri 2 Tegal

    BalasHapus
  34. Hadir
    Tri Lestari Kurniawati
    SMK Negeri 1 Wadaslintang

    BalasHapus
  35. Hadir,
    Yuli Trianto

    SDN 1 Sirandu, Purbalingga

    BalasHapus
  36. Hadir.
    Eko Setyono, S.Pd
    SMP NEGERI 2 TULIS

    BalasHapus
  37. Hadir..
    Sri Sujiarti
    SMAN1 Wonosari Klaten

    BalasHapus
  38. Hadir..
    Melina Kristiyani
    SD N 2 Badran Temanggung

    BalasHapus
  39. Hadir
    Oktavia Istikomah
    SD N 02 Pandeyan

    BalasHapus
  40. Hadir
    Dyah Rochmawati.
    SMP NEGERI 5 PATI

    BalasHapus
  41. Dinok Sudiami
    SMP Negeri 1 Batang

    BalasHapus
  42. HADIR
    Yayah Fatmiyati R
    SD Negeri 1 Sendangsari Garung Wonosobo

    BalasHapus
  43. Hadir
    NUR LAELY
    SDN 1 KERTANEGARA

    BalasHapus
  44. Oktalifa Hanna Maulina18 April 2022 pukul 03.16

    Hadir
    Oktalifa Hanna Maulina
    SMK Entrepreneur Indonesia Kab. Sragen

    BalasHapus
  45. Hadir
    Uki Murdiyati, S.Pd, M.Pd
    SMK N 3 Songgom

    BalasHapus
  46. TEGUH Wiyono
    SMPN 3 JUMAPOLO Karanganyar.

    BalasHapus
  47. Hadir
    Purwati, S. Pd., M. Pd
    SDN 2 Sendangdaeuhan, Rowosari, Kendal

    BalasHapus
  48. Hadir
    Teguh Wiyono
    SMPN 3 Jumapolo Karanganyar.ska

    BalasHapus
  49. Hadir
    SITI MUSLIMAH, S.Pd
    SDN 1 PURWOKERTO

    BalasHapus
  50. Hadir
    Ananda Wahyu Yatama Putra, S.Pd.
    SMPIT ITTIHADUL MUWAHIDIN

    BalasHapus
  51. Hadir
    Dwiyono
    SMP Negeri 2 Wanareja

    BalasHapus
  52. Hadir
    Faiqotul Isnaini
    SMP NEGERI 2 MARGOYOSO kab. Pati

    BalasHapus
  53. Hadir
    Dewi Astuti Suwarno
    SD M 2 SINDUKARTO

    BalasHapus
  54. Hadir
    DEWI ASTUTI SUWARNO
    SD N 2 SINDUKARTO

    BalasHapus
  55. Hadir
    Srini Wijayanti
    SMAN 1 Karanggede, Boyolali

    BalasHapus
  56. Hadir
    PURWATI
    SDN 2 SENDANGDAWUHAN, ROWOSARI

    BalasHapus
  57. Hadir
    Ellinawati
    SMAN 1 Wonogiri

    BalasHapus
  58. Hadir
    Emi Fauziati
    SMA N 1 PAGUYANGAN BREBES

    BalasHapus
  59. Hadir
    Tri Muji Lestari
    SMP Negeri 2 Margoyoso

    BalasHapus
  60. Apa saja ketentuan cerpen yg bisa dibukukan (berapa judul dan berapa halaman)?
    Dari
    Tri Muji Lestari
    SMP Negeri 2 Margoyoso Pati

    BalasHapus
    Balasan
    1. Siap Bunda Tri Muji Lestari...
      Ini utk buku yang akan dinilaikan di Kenaikan Pangkat nggih...

      Untuk mendapat nilai 2
      Jumalh judul minimal 10, masing2 judul minimal 3 hlm A4.

      Untuk mendapat nilai 4
      Jumalh judul minimal 20, masing2 judul minimal 3 hlm A4.

      Ingat, yg menjadi acuan Tim Penilai PAK adl jumlah judul ya Bund. Jd jk buku Bunda nanti hanya ada satu judul utama, mk silakan disiasati dengan dibuat beberapa subjudul (jumlah subjudul sesuai panduan buk 4 PKG Revisi th. 2019).

      Hapus
  61. Hadir
    Umi Ma'innatun
    SMA N 3 KLATEN

    BalasHapus
  62. Terima kasih Bp/Ibu yang telah hadir di blog saya...
    Teriam kasih juga yang sdh berkenan utk bertanya/memberi masukan maupun krisar...

    Barakallahu wa jazakumullahu khoir. Aamiin.
    Semangat terus untuk berkarya ya...

    Salam literasi!

    BalasHapus

Berikan komentar/ kritik/ saran dengan kata-kata yang sopan.

APA ITU DIALOG?

BELAJAR MENULIS DIALOG YANG BAIK DAN BENAR Dialog atau petikan adalah kalimat yang mewakili ucapan langsung dari seorang tokoh atau tiruan b...