Minggu, 31 Mei 2020

MENGATUR POLA MAKAN PASCA LEBARAN

By. Dwi Trisny

Selama bulan puasa anda menahan hawa nafsu, termasuk di dalamnya adalah makan dan minum. Terjadi pengurangan frekuensi yaitu seseorang hanya makan/minum pada 2 waktu dalam sehari yaitu saat berbuka dan makan sahur. Hal ini terjadi selama satu bulan penuh, sehingga membuat tubuh beradaptasi terhadap keadaan tersebut.

Tiba saatnya merayakan hari kemenangan. Menu-menu khas hari raya seperti ketupat, rendang, opor ayam, dan sambal goreng hati kentang memang menggiurkan dan sayang jika dilewatkan. Rasanya lebaran terasa tidak lengkap tanpa hadirnya hidangan-hidangan itu. Ditambah lagi dengan aneka kue yang didominasi dengan rasa manis. Kita seolah balas dendam, menjadi kalap dan melahap semua makanan yang ada. Pola makan pun menjadi tidak teratur. Menu makanan tersebut boleh saja dikonsumsi, tetapi jangan terlalu banyak dan sering, karena makanan yang bersantan mengandung lemak tinggi bisa menyebabkan diabetes, diare, maag, bahkan hipertensi.

Pasca lebaran pola makan harus dijaga sebaik mungkin agar tubuh terhindar dari berbagai penyakit. Lalu bagaimana caranya mengatur pola makan pasca lebaran? Ada beberapa tips yang bisa anda lakukan.

1. Perbanyak Konsumsi Sayur dan Buah

Momen lebaran akan membuat anda akrab dengan hidangan yang bersantan kental. Nah, setelah lebaran saatnya untuk mengganti asupan makanan yang bersantan dan berlemak dengan makanan sehat yang tinggi akan serat, seperti sayur dan buah-buahan. Dua jenis makanan ini membuat pencernaan kembali lancar setelah banyak mengonsumsi makanan berlemak tinggi.

2. Hindari Junk Food


Junk food atau makanan rendah gizi adalah istilah untuk makanan yang tidak sehat atau memiliki sedikit kandungan nutrisi. 
Setelah tidak berpuasa, kita kembali kepada rutinitas normal sehari-hari. Gaya hidup yang serba instan kini membuat masyarakat lebih menyukai makanan cepat saji. Sederhana dan nikmat namun memiliki kandungan yang tidak sehat. Dengan mengonsumsi junk food akan berdampak yang tidak baik, karena lemak jahat akan tertimbun di dalam tubuh. Nah, sebaiknya hindari makanan-makanan yang tidak sehat seperti junk food, karena selain banyak mengandung lemak juga dapat memicu anda jadi gampang pusing, meningkatkan risiko tekanan darah tinggi, meningkatkan risiko depresi, serta obesitas.

3. Ganti Lauk Pauk dengan Ikan


Setelah banyak mengonsumsi makanan berlemak, ada baiknya anda mengganti menu lauk-pauk dengan ikan untuk sementara waktu. Hal ini dimaksudkan untuk mengembalikan fungsi pencernaan agar kembali seperti semula.
Ikan kaya akan omega-3 yang bagus untuk kolesterol dalam tubuh. Jadi, persiapkan jenis ikan yang anda suka dalam kulkas agar tidak perlu berbelanja lagi. Untuk mempermudah, lebih baik pilih ikan yang bisa langsung dimasak saat masih beku

4. Ganti Minuman Manis dengan Smoothies   


Jika mengonsumsi sayur dan buah terasa tawar, anda bisa menyiasatinya dengan mengonsumsi smoothies buah sebagai camilan sehat. Untuk membuat smoothies yang segar, anda bisa mencampur susu almond, stroberi, pisang, dan chia seed menjadi smoothies yang enak, sehat, dan kaya serat.

5. Minum Air Putih

Saat lebaran, kita terlalu banyak minum es buah, es cendol, minuman bersoda, dan minuman sarat gula lainnya. Setelah lebaran berakhir, lebih baik perbanyak konsumsi air putih. Cukup minum air putih 8 gelas setiap harinya atau sekitar 2 liter sangat baik untuk kesehatan tubuh.
Air putih, selain murah dan mudah didapat, juga merupakan satu-satunya minuman yang 0 kalori dan sehat untuk tubuh. Dengan begitu, mengonsumsi sebanyak apa pun tidak akan menambah ekstra kalori untuk tubuh.

6. Lakukan Olah Raga Secara Teratur


Dengan melakukan olahraga secara rutin dapat mengendalikan berat badan. Selain itu,  tubuh selalu fit dan bugar. Sistem kekebalan tubuh juga meningkat.

Itulah beberapa tips mengatur pola makan sehat setelah lebaran yang bisa anda lakukan. Dengan mengatur kembali pola makan sehat setelah lebaran dapat terhindar dari berbagai penyakit, seperti: kolesterol tinggi, diabetes, hingga obesitas. Selamat mencoba... 😊😊😊

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Berikan komentar/ kritik/ saran dengan kata-kata yang sopan.

APA ITU DIALOG?

BELAJAR MENULIS DIALOG YANG BAIK DAN BENAR Dialog atau petikan adalah kalimat yang mewakili ucapan langsung dari seorang tokoh atau tiruan b...